6 Tips Melakukan Perjalanan Menggunakan Pesawat Terbang

Transportasi merupakan hal yang sering dibutuhkan oleh banyak orang. Untuk berpergian kemana-mana pastilah memerlukan transportasi untuk sampai dengan cepat dan tidak menguras tenaga. Salah satu transportasi tersebut adalah Pesawat.

Pesawat merupakan transportasi udara yang sering digunakan banyak orang karena hanya membutuhkan waktu yang sebentar. Karena kebanyakan orang yang naik pesawat pastinya pebisnis maupun orang yang ingin berwisata.

Apakah kalian pertama kali naik pesawat? Jangan bingung ataupun takut, apalagi takut ketinggalan pesawat hingga gugup naik pesawat. Tenang saja, berbagai hal harus dipersiapkan sebelum terbang. Simaklah beberapa cara naik pesawat yang harus kalian pahami agar tidak ketakutan hingga gugup saat naik pesawat.

1. Re-check Jadwal Keberangkatan

Pertama-tama hal yang harus dilakukan ketika ingin traveling dengan pesawat pastinya kalian telah memiliki tiket terlebih dahulu. Kemudian cek keberangkatanmu mulai tanggal, hari, jam berangkat maupun pulang, maskapai penerbangan yang akan kalian gunakan, nama lengkap penumpang beserta dengan nomor identitas, hingga lokasi bandara keberangkatan.

Di Setiap bandara di Indonesia, setiap terminalnya melayani maskapai dan tujuannya yang berbeda-beda. Jadi kalian harus mengetahui terminal mana yang akan menjadi lokasi keberangkatan kalian.

2. Datang lebih awal sebelum keberangkatan

Bagi kalian yang pertama kali naik pesawat, jangan mencoba-coba untuk datang mepet hingga terlambat dengan waktu keberangkatan. Usahakan untuk tiba di bandara satu atau dua jam sebelum keberangkatan.

Sebelum menuju ke bandara kalian harus bisa mengatur waktu dan transportasi yang akan dinaiki, karena rawan kemacetan yang mungkin memakan waktu cukup lama.

3. Print tiket pesawat

Bagi kalian yang memesan tiket pesawat secara online pastinya tiket tersebut dikirim melalui email setelah melakukan pembelian. Namun alangkah baiknya kalian print tiketnya juga. Karena hal-hal yang tidak terduga saat di bandara seperti hp kalian error, kehabisan baterai hingga mungkin jatuh dan rusak.

Setidaknya kalian sudah punya tiket cadangan untuk berjaga-jaga ketika hal buruk tiba.

4. Siapkan KTP saat Boarding

Saat kalian tiba di pesawat, siapkanlah KTP kalian untuk boarding ke pesawat. Setelah boarding kalian harus menunjukkan pass dan KTPnya, dan simpan boarding passnya sebelum kalian meninggalkan bandara tujuan.

Bawa Barang Sesuai dengan Ketentuan Maskapai Penerbangan
Setiap maskapai memiliki kuota bagasi bagi penumpangnya. Biasanya penumpang akan diberikan jatah satu tas atau koper dalam kabin yang bobot minimal tujuh kilometer dan satu tas tangan. Namun, ada juga maskapai yang tidak memberikan jatah kabin.

Oleh karena itu, kalian harus mengecek kembali tiket kalian, apakah kalian diberikan jatah kabin atau tidak. Pastikan kalian hanya membawa barang-barang yang diperlukan saja dan tidak membawa barang-barang aneh.

Karena kalau kalian membawa barang yang melebihi batas kapasitasnya, kalian akan dikenakan biaya tambahan yang cukup mahal per kilogramnya.

5. Jangan Bawa Benda Tajam dan Terlarang

Pastikan kalian tidak membawa barang tajam dan benda-benda terlarang lainnya. Karena benda-benda yang tajam tidak diperbolehkan masuk ke dalam bagasi. Benda-benda tajam seperti gunting, pisau, silet, atau benda-benda tajam lainnya.

Jangan juga kalian membawa korek gas, cairan dengan volume lebih dari 100 ml, powerbank diatas 10 ribu mAh, narkoba, dan aerosol yang dapat meledak juga muatannya massanya tinggi.

6. Security Check

Saat kalian tiba di bandara, pertama-tama kalian harus menyiapkan kartu identitas dan tiket yang telah kalian beli, bisa berupa hard copy (print) maupun softcopy (file). Kalian cukup menunjukkan kartu identitas pada pegawai TSA yang berjaga untuk masuk ke bandara.

Setelah itu, kalian harus melakukan security check. Caranya dengan meletakkan semua barang-barang kalian seperti tas, jaket, cincin, jam tangan, dan benda elektronik lainnya ke tray bin.