Cara Mudah Setting Whatsapp dark mode

Mode gelap WhatsApp sudah dari beberapa waktu lalu resmi diluncurkan untuk platform Android dan iOS. Cara setting Whatsapp dark mode ini sangatlah mudah sebab pengguna hanya perlu melakukan pembaharuan aplikasi melalui Google Play Store maupun App Store. Dark Mode pada tampilan chat WhatsApp akan memberikan variasi tersendiri kepada pengguna dan juga bermanfaat saat pemakaian di malam hari.

Sesudah melakukan update, pengguna bisa masuk menu Settings yaitu ikon tiga titik di sudut kanan atas. Lalu pilih Chats-Theme, selanjutnya ketuk pilihan Dark. Mode tersebut berguna untuk mengganti tampilan antarmuka menjadi dominan berwarna abu-abu gelap dengan teks putih. Dark mode WhatsApp ini pun bisa menghemat penggunaan baterai sekaligus lebih ramah untuk mata pengguna. Selain lewat update, caranya bisa berbeda-beda tergantung versi platform-nya. Selengkapnya adalah sebagai berikut :

Setting Whatsapp Dark Mode

Perangkat Android

Bila pengguna ingin mengaktifkan Dark Mode di perangkat Android 10, bisa dilakukan dari menu Setting perangkat. Sedangkan, untuk para pengguna perangkat Android 9 harus mengikuti beberapa tahapan mudah seperti yang dilansir dari situs digitalponsel.com berikut ini:

  • Cek bahwa aplikasi WhatsApp di perangkat adalah versi terbaru
  • Jalankan aplikasi WhatsApp
  • Ketuk menu Pengaturan atau Settings
  • Masuk ke bagian Obrolan atau Chat
  • Selanjutnya ketuk Tema atau Theme
  • Pilih fitur Gelap atau Dark

Perangkat iPhone

Para pemilik perangkat iPhone yang sudah menggunakan iOS 13 cukup mengaktifkan Dark Mode melalui menu Settings di perangkat. Pengguna dapat mengganti antarmuka dark mode dari setting display di perangkat yang prosedurnya hanya dengan masuk ke menu Settings > Display > ketuk 'Dark Mode'.

Sementara untuk versi di bawahnya, harus sudah  terpasang aplikasi WhatsApp terbaru. Jalankan aplikasi WhatsApp, lantas ketuk simbol titik tiga di sudut kanan atas layar. Ketuk menu "Settings", selanjutnya ketuk opsi "Chats" dan pilih "Theme". Di menu tersebut tersedia dua opsi pengaturan yaitu "Light" bila menghendaki tampilan layar biasa atau "Dark" bila menghendaki tampilan gelap.

Bilamana dilihat dengan cermat ternyata fitur Mode Gelap untuk WhatsApp Android dengan iOS ada sedikit perbedaan. Perbedaan itu terlihat dari tone warna yang digunakan. Untuk antarmuka Mode Gelap di WhatsApp Android tampil dengan warna abu-abu gelap, sedangkan untuk WhatsApp iOS lebih didominasi nuansa hitam gelap. Pihak pengembang sendiri tak menjelaskan perbedaan warna dark mode pada kedua OS itu. Kendati perbedaan warna tadi terlihat sepele namun para pengguna iPhone akan lebih diuntungkan dengan warna latar belakang WhatsApp yang lebih gelap.

Pertama dari segi keawetan baterai. Untuk panel layar teknologi OLED bila menampilkan warna hitam itu artinya pixel tak perlu dinyalakan, dengan begitu konsumsi daya baterai pun lebih sedikit. Kelebihan kedua yaitu dari sisi kenyamanan pengguna. Disebabkan pengguna tak memandangi pixel menyala maka mata juga akan lebih nyaman ketika menatap layar dalam waktu lama. Sebab itulah saat ini berbagai aplikasi populer misalnya Instagram atau Twitter pun menghadirkan juga fitur Dark Mode baik untuk iPhone dan juga Android.

Sedangkan Mode Gelap di WhatsApp Android dengan warna abu-abu gelap tak begitu menghemat daya baterai, sebab pixel pada layar tetap menghasilkan cahaya. Dan juga warna abu-abu gelap pun menyebabkan mata pengguna tak nyaman setelah menggunakannya beberapa lama.

Fitur terbaru WhatsApp tentu saja bukan hanya Mode Gelap saja. Aplikasi perpesanan terpopuler ini juga menawarkan beberapa fitur menarik lain yang diantaranya adalah :

  • Menemukan chat tertentu

Pengguna WA tentu tak dapat mengendalikan chat yang masuk kapan saja dan terkumpul hingga puluhan dan malah ratusan chat yang membahas aneka topik. Itu bisa berlangsung di chat individu maupun grup, sehingga pengguna pasti kesulitan jika akan mencari informasi yang dibutuhkan di antara rentetan chat tadi.

Melalui menu mencari obrolan, pengguna bisa menemukan lagi informasi itu. Pengguna tinggal mengetuk simbol pencarian atau mengetikkan topik yang dicari dalam tab pencarian. Ketikkan sebuah kata yang relevan maka sistem WhatsApp akan menemukan kemudian menyuguhkan seluruh percakapan yang mengandung kata relevan tadi.

  • Mencari kontak yang kerap mengirim pesan

Adakalanya pengguna penasaran dan ingin tahu siapa teman yang paling sering melakukan chat tiap hari di WhatsApp. Caranya gampang, masuk ke menu Settings > Data and Storage Usage > Storage Usage kemudian ketuk kontak untuk mengecek bagaimana mereka berkomunikasi dengan pengguna. Dari daftar yang diperlihatkan itu disusun sesuai dengan kontak yang tersering dikirimi data bisa dalam bentuk pesan tulisan, foto, gambar atau video.

  • Kata-kata dengan tampilan khusus

Pengguna tak hanya bisa membuat tulisan secara default. Namun mereka pun bisa membuat tampilan khusus seperti huruf tebal (bold), huruf miring (italic), maupun huruf tercoret (strikethrough). Bilamana pengguna hendak menebalkan kata maka tinggal menambahkan tanda bintang (*) mengapit kata yang hendak diberikan efek tebal. Sementara untuk membuat efek huruf miring maka pengguna harus menambahkan garis bawah (_) mengapit kata tersebut. Lain lagi jika ingin membuat efek kata tercoret maka kata tersebut harus diapit dengan simbol tilde (~).